ABSTRAKTesis ini disusun untuk mengukur nilai index kepuasan supplier dari 6 supplier
yang telah menjalin kerjasama dengan Telkom Divisi Wholesale Service (DWS)
selama ini sebagai penerapan dari pemasaran holistik. Selain itu, penelitian ini
juga melakukan analisa GAP antara harapan dan kepuasan supplier dari Telkom
DWS tersebut. Terakhir, angka kepuasan dengan tingkat kepentingan dari tiap
variabel operasional dipetakan dalam kuadran IPA atau Important Performance
Analysis. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa para supplier merasa cukup
puas dengan kerjasama yang dijalin selama ini meskipun terdapat beberapa
variabel yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Melalui hasil penelitian ini,
diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan untuk perbaikan kerjasama ke
depannya, sehingga kepuasan supplier dapat meningkat.
ABSTRACTThe purpose of this thesis is to measure supplier satisfaction index from six
suppliers of Telkom Wholesale Service Division (DWS) who have been
cooperating for this couple years as implementation of holistic marketing. In
addition, the thesis also analyze the GAP between the supplier’s expectation and
satisfaction. Finally, the number of satisfaction with the level of importance of
each variable is mapped in the quadrant operation IPA or Important Performance
Analysis. The results of this study stated that the suppliers are quite satisfied with
the cooperation although there are several variables that need to be considered
further. Through these results, it is expected to be a basic consideration for
improvement of cooperation in the future, so that the supplier satisfaction will be
better.