ABSTRAKCorporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan perusahaan
yang memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Hal ini membantu
perusahaan membangun reputasi perusahaan dimana dapat membentuk
keterikatan karyawan (employee engagement) terhadap perusahaan.
?Employee involvement in CSR program? merupakan salah satu program
CSR Bank Mandiri yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2011
dimana melibatkan seluruh karyawan Bank Mandiri dengan tujuan diantaranya
adalah untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan keterikatan
karyawan terhadap Bank Mandiri.
Penelitian ini merupakan analisa hubungan pelaksanaan program CSR Bank
Mandiri ?Employee involvement in CSR program? terhadap reputasi Bank
Mandiri dan keterikatan karyawan pada Bank Mandiri.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain
penelitian deskriptif ? konklusif. Penelitian ini berdasarkan data primer berupa
kuesioner yang dikumpulkan dari responden yang kesemuanya merupakan
karyawan Bank Mandiri kantor pusat di Jakarta. Structural Equation Model
(SEM) diadopsi untuk menganalisis data dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa program CSR Bank Mandiri ?Employee involvement in CSR
program? mempunyai hubungan terhadap reputasi perusahaan namun tidak
mempunyai hubungan terhadap keterikatan karyawan.
AbstractCorporate Social Responsibility (CSR) is a corporate activity that provides
benefits to society and the environment. This helps the company build a
reputation which can form the engagement of employees (employee engagement)
against the company.
?Employee involvement in CSR program? is one of the Bank Mandiri?s
CSR programs implemented by Bank Mandiri since 2011, which involves all
employees of Bank Mandiri, and the aim of this program are to enhance the
corporate reputation and improve employee engagement to Bank Mandiri.
This study is an analysis of the relationship of the implementation of the
CSR program of Bank Mandiri "Employee involvement in CSR program" to the
reputation of Bank Mandiri and employee engagement on Bank Mandiri.
The study is a quantitative study, by using descriptive research design -
conclusive. The research is based on primary data collected in the form of
questionnaires from respondents all of whom are employees of Bank Mandiri in
Jakarta headquarters. Structural Equation Model (SEM) is adopted to analyze the
data and test hypotheses. The results of this study indicate that the CSR program
of Bank Mandiri "Employee involvement in CSR program" have the relationship
to the corporate reputation but have no relationship to the employee engagement.