Skripsi ini membahas kegiatan menulis blog tentang K-Pop yang meliputi alasan
penulisan, proses penulisan, dan cara penulisan, serta model pemikiran yang
menggambarkan kegiatan menulis dalam blog sebagai salah satu bentuk promosi
berbasis advokasi sukarela dalam model hierarchy of effects. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa blog merupakan media berbiaya minim yang dapat sukses dijadikan
sebagai sarana berpromosi di tingkat advokasi. Advokasi yang dilakukan
informan terhadap K-Pop diwujudkan dengan menulis segala hal berkaitan
dengan K-pop secara sukarela. Alasan melakukan advokasi secara sukarela adalah
ketertarikan yang tinggi terhadap K-Pop, ingin berbagi dengan pembaca lain yang
juga menyukai hal yang sama, membela K-Pop, dan mempersuasi pembaca untuk
melakukan hal tertentu mengenai K-Pop.
AbstractThe focus of this study is the activities of writing a blog about K-Pop that includes
the reason of writing, the writing process, and the writing methods, as well as
models that describe the thought of writing the blog as promotion media of
volunteer-based advocacy in the hierarchy of effects models. The study was a
descriptive qualitative research design. The result of research show that the blog is
a minimal-cost media that can be successfully used to promote brand at the level
of advocacy. Advocacy informant toward K-Pop is realized by writing everything
related to the K-Pop voluntarily. The reason of doing voluntary advocate is high
interest to K-Pop, want to share with readers who also likes the same things,
advocate K-Pop, and persuade the readers to do certain thing about K-Pop.