ABSTRAKPenayangan iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada khalayak luas
idealnya ditayangkan melalui media televisi. Dengan penggabungan elemen
gerak, warna, suasana, dan demonstrasi secara bersamaan pada televisi, pesan
iklan layanan masyarakat dapat sampai kepada khalayak secara luas dengan
penetrasi tinggi. Data yang diperoleh menggunakan metode angket dengan teknik
accidental sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia Depok yang merupakan khalayak sasaran program GenRe
BKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
antara iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" terhadap
sikap khalayak mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia
Depok. Iklan layanan masyarakat BKKBN Versi "Jangan Buru-Buru" juga
cenderung efektif mengubah sikap khalayakmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik Universitas Indonesia Depok, khususnya pada dimensi pesan.
ABSTRACTPublicserviceadverstisementaimed ata broad audienceideallybroadcasted ontelevisionso thatthrough the incorporation ofelementsof motion, color,atmosphere, andat the samedemonstrationontelevision, publicserviceadvertisingmessagescan beconveyed to theaudienceextensively withhighpenetration. Thestudyuses the concept ofexposure toadvertisingandpublicattitudes. Thestudyusesquantitative approachandisexplanative. Dataobtainedusingthequestionnaire withaccidentalsamplingtechniquesinthe Faculty of SocialandPolitical Sciences, University of Indonesia Depokwhich isthetargetaudienceBKKBN Genreprogram. The analysis showedthat thereissignificant influenceofpublic serviceadvertisement BKKBN version "Do NotRush" topublicattitudes. It also tends toto effectivelychangepublicattitudes,particulalrly through the dimensions ofthe message.