Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Fenomena kecanduan game online diperkirakan sangat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kecanduan game online dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif korelatif yang menggunakan teknik purpossive sampling. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan jumlah sampel 106 responden. Responden diminta mengisi kuesioner untuk melihat keterlibatan dalam bermain game online dan prestasi akademik mereka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pemain adalah lakilaki, alasan bermain adalah menghilangkan stress dan jenis game online yang dominan dimainkan adalah permainan strategi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan hubungan antara kecanduan game online dengan prestasi akademik. Penelitian ini memberikan gambaran kepada institusi pendidikan keperawatan, untuk dapat mensosialisasikan mengenai pengatahuan terkait kecanduan game online.
The development of game online has been increasing widely. The phenomenon of addiction game online is estimated to affect student?s academic performance. The purpose of this research is to identify the relation of game online addiction with student?s academic performance. This research was done using the correlative descriptive research method with the purposive sampling technique. The research was conducted in Faculty of Engineering University of Indonesia with 106 respondents. Respondents were asked to fill a questioner to see the online game playing and their academic performance. The data obtained were analyzed using Correlation test. The research showed that majority of players are men, the reason for playing is to eliminate stress and the dominant type of game online play is strategy game. The conclusion from this research showed that there is a relation between the game online addiction with the students?s academic performance. This research provided an overview to nursing education institutions to disseminate knowladge related to game online addiction.