UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Persepsi Karyawan Mengenai Pelaksanaan Promosi Jabatan Karyawan Operasional pada PT Azura Telemedia International = Employee Perceptions Regarding the Implementation of Operational Employee Position Promotions at PT Azura Telemedia International

Sylvie Patricia Ginting; Asrori, supervisor; Eva Andayani, supervisor; Muh. Aziz Muslim, examiner; Umanto Eko, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Promosi dipandang sebagai salah satu kegiatan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Promosi berarti pengalihan wewenang dan tanggung jawab pegawai ke jabatan yang lebih tinggi dalam suatu organisasi sehingga kewajiban dan haknya semakin besar. Promosi akan diikuti dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar dan biasanya juga diikuti dengan peningkatan pendapatan dan fasilitas lainnya. Bagian Sumber Daya Manusia harus melakukan sosialisasi promosi jabatan mengenai prinsip, dasar, jenis dan kondisi pegawai yang akan dapat dipromosikan di perusahaan. Program promosi harus diinformasikan secara terbuka. Apabila hal ini diinformasikan dengan baik maka akan menjadi motivasi bagi karyawan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Promosi mempunyai manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan. Bagi pegawai, merupakan pengakuan atas hasil pekerjaan pegawai dan kesempatan untuk maju, sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja pegawai. Sedangkan bagi perusahaan dapat menjaga kestabilan perusahaan dan semangat kerja karyawan lebih terjamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang kebijakan promosi jabatan di PT Azura Telemedia International dan juga persepsi karyawan terhadap kebijakan promosi jabatan di PT Azura Telemedia International. Penelitian ini melibatkan seluruh karyawan operasional yang berjumlah 27 orang untuk menjadi responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara, serta studi pustaka yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Penilaian dari hasil jawaban angket menggunakan skala Analisis Likert Penelitian menggunakan analisis data univariat yang menyampaikan distribusi frekuensi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada dasarnya penerapan promosi jabatan di PT Azura Telemedia International sudah baik. Responden setuju bahwa pengalaman kerja, tingkat pendidikan dan latar belakang pendidikan, kejujuran, tanggung jawab, kepribadian yang baik dalam berhubungan dengan rekan kerja, prestasi kerja dan inisiatif dan kreativitas serta rekomendasi dari pimpinan puncak dapat dipertimbangkan kembali sebagai kebijakan promosi jabatan. Sebagian besar responden tidak setuju jika senioritas dipertimbangkan kembali sebagai salah satu kebijakan promosi jabatan di PT Azura Telemedia International Akan jauh lebih baik jika PT Azura Telemedia International mempertimbangkan kembali penilaian kinerja sebagai kebijakan promosi jabatan agar setiap karyawan mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan promosi jabatan. Manfaat promosi pekerjaan seperti peningkatan pendapatan harus sebesar wewenang dan tanggung jawab yang harus dihadapi karyawan di posisi barunya.

Promotion viewed as one of the activities of human resources development in a company. Promotions mean a transfer enlarging an authority and responsibility employees to higher position in one organization so that obligation and ever greater rights Promotion will be followed by duty, greater authority and responsibility and usually also followed by increasing of earnings and other facilities. Human resources division have to socialize job promotion about principles, grounds, types and condition of employee who will be able to be promoted in the company. Promotion program have to be informed openly. If this matter is well informed, it will become motivation to employees to work very seriously. Promotion have benefit both for company and employee. To employee, is the acknowledgement result of the employee's job and opportunity to go forward, so that can improve employee's work motivation. While to company, it can maintain stability of the company and employee's moral more guaranteed. The purpose of this research is to explain about the policy of job promotion in PT Azura Telemedia International and also the perception of employees to policy of job promotion at PT Azura Telemedia International. This research entangle all of the operational employee which consist 27 people to become respondent. The technique of data collecting used in this research is obtained through spreading questionnaire, interviewing, and also literature related to this research theme Assessment from result of the answer of questionnaire used scale of Likert Analysis of the research using Univariat data analysis which delivered frequency distribution. In this research the writer used quantitative approach. Basically the application of job promotion in PT Azura Telemedia International is good already. Respondent agreed that working experience, education level and background of education, honesty, responsibility, good personality in relation with colleague, work achievements and initiative and creativity and also the recommendation from the top management could be reconsidered as the policy of the job promotion. Most of the respondent disagreed if seniority reconsidered as one of the policy of job promotion in PT Azura Telemedia International It would be much better if PT Azura Telemedia International recomidered the performance appraisal as the policy of job promotion so that every employee has the same opportunity to get job promotion. The benefit of job promotion such as increasing of earnings should be as big as the authority and responsibility that the employee has to face in their new position

 File Digital: 1

Shelf
 S-Sylvie Patricia Ginting.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S10636
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 85 hlm. ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S10636 14-20-415403705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309825
Cover