ABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai permasalahan kegagalan pemenuhan pesanan
tepat waktu pada perusahan manufaktur produk-produk alat berat yang
berkarakteristik make-to-order atau engineered-to-order. Penelitian ini terdiri dari
dua langkah analisa yaitu analisa makro menggunakan Process-based
Performance Measurement Framework untuk mengidentifikasi proses yang
paling berpengaruh yang menyebabkan keterlambatan dan analisa mikro
menggunakan Business Process Simulation. Tujuan penelitian ini untuk
mendapatkan perbaikan proses bisnis yang optimal sebelum benar-benar
diterapkan. Hasil penelitian yang dilakukan menyarankan bahwa perbaikan proses
bisnis di area design engineering, PPC, Purchasing dan Production dapat
mengurangi waktu siklus bisnis proses, sehingga dapat menurunkan tingkat
keterlambatan.
AbstractThe focus of this study is about on-time delivery of order at a heavy equipments
manufacturer with characteristic make-to-order or engineered-to-order. This study
contains two stage analysis consist of macro analysis using process-based
performance measurement framework to identify processes which have significant
contribution to create delay and micro analysis using business process simulation.
The purpose of this study is identify improvements to optimize business processes
to minimize tardiness on delivery time. The researcher suggests that processes
such as engineering design, PPC, purchasing and production to be improved
minimize business process cycle time to gain on time delivery within acceptable
level.