ABSTRAKImbal balik investasi (ROI) yang positif dan proses pembelajaran yang mendorong
inovasi dalarn sebuah program prornosi penjualan sangatlah penting untuk membantu
memastikan perusahaan mencapai target pertumbuhan labanya. Penelitian pada tesis
ini inembahas bagaimana Departemen Penjualan PT XYZ menganalisa faktor-faktor
yang menjadi penyebab negatifnya ROI dan tidak adanya inovasi dari promosi-
promosi yang telah dilakukan dengan menggunakan kerangka dimensi organisasi
pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem untuk memperoleh dan
berbagi pengetahuan belum terwujud di organisasi ini. Tesis ini memberikan
rekomendasi inte1'vensi berupa penerapan tahapan-tahapan pembelajaran dalam
program pengembangan promosi di PT XYZ. Intervensi ini bertujuan untuk
memastikan terjadinya aktivitas-aktivitas pembelajaran secara kontinyu yang
diharapkan dapat mendukung pencapaian ROI yang positif dan inovasi pada promosi-
promosi yang dilakukan Departemen Penjualan PT XYZ di masa yang akan datang.
ABSTRACTTo deliver a positif return on investement (ROI) dan learning process which drive
innovation in sales promotion programs is important in helping a company in
achieving its profit growth target. This study discusses how sales department of PT
XYZ analyze factors which drives the negative ROI and the absence of innovations in
their past promotions by using learning organization framework. The study results
show that the organization is still lack of system to capture and share knowledge. This
thesis will provide the recommendation of intervention by applying the learning
phases in the promotion development program at PT XYZ. This intervention is
intended to ensure that learning activities occur continually which in the end is
expected to support the achievement of positive ROI and innovation at promotions in
the future.