Penelitian ini membahas mengenai keterkaitan antara kepuasan kerja, komitmen keorganisasian dan intensi keluar pada karyawan marketing agency PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara primer melalui kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian terhadap intensi keluar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kepastian variabel kepuasan kerja dan komitmen keorganisasian merupakan predictor terhadap variabel intensi keluar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis uji z dan korelasi. Dalam konteks ini, ternyata variabel kepuasan kerja mempunyai korelasi yang lebih kuat dibandingkan komitmen organisasi terhadap intensi keluar.
This study discusses the linkages between job satisfaction, organizational commitment and turnover intention marketing agency employee of PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) in Jakarta. This study uses a quantitative approach with the primary data collection technique through a questionnaire. The purpose of this study is to gain an influence analysis overview of job satisfaction and organisational commitment on turnover intention. The results showed that the job satisfaction and organisational commitment variables are the predictor of turnover intention variables. It is indicated by the results of hypothesis tests both the z and correlation. In this context, the job satisfaction variable proven to be the dominant variable predictor on turnover intention. This is shown by the result of correlation and z value on the job satisfaction variable more bigger than organizational commitment to turnover intention.