https://access.unram.ac.id/wp-content/

UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Promosi Potongan Harga terhadap Pola Pembelian Produk Layanan Bioskop (Studi Mengenai Sikap terhadap Program Nonton Hemat di Bioskop Galaxy dengan Pola Menonton)

Katya Retno Hapsari; Menayang, Victor, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Penelitian yang berjudul "Pengaruh Promosi Potongan Harga Terhadap Pola Pembelian Produk Layanan Bioskop; Studi Mengenai Sikap Terhadap Program Nonton Hemat di Bioskop Galaxy dengan Pola Pembelian" ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana promosi potongan harga dapat mempengaruhi pola pembelian konsumen terhadap produk layanan bioskop. Pengaruh ini dilihat sebagai sikap terhadap promosi "Nonton Hemat". Penelitian ini menggunakan pendekatan perilaku konsumen, sehingga peneliti juga memperhatikan faktor-faktor dari dalam din individu (internal) dan dari luar/lingkungan individu (eksternal) yang dapat mempengaruhi pembentukkan sikap itu sendiri dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya pola perilaku tertentu. Faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi sikap yang dikaji dalam penelitian ini yaitu gaya hidup individu serta situasi menonton bioskop. Penelitian ini dilakukan dengan cara Survey Sample terhadap 100 orang siswasiswi SMU Budi Mulia Bogor kelas I sampai dengan kelas III tahun ajaran 2000 — 2001 yang dipilih secara acak (simple random sampling). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa gaya hidup dan situasi mempengaruhi sikap dengan koefisien korelasi yang cukup besar. Demikian pula dengan sikap terhadap potongan harga/nonton hemat yang ternyata berhubungan sangat erat dengan pembentukan pola pembelian konsumen. Sedangkan uji regresi menunjukkan bahwa gaya hidup dan situasi memberikan kontribusi yang hampir sama besarnya terhadap pembentukan sikap terhadap potongan harga. Namun demikian dengan selisih yang sangat kecil, gaya hidup tetap memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh situasi. Adapun mengenai status dari kedua variabel tersebut sebagai variabel anteseden pun sesuai dengan hasil pengujian korelasi parsial yang dilakukan oleh peneliti. Hasil uji korelasi parsial ini menunjukkan bahwa hubungan antara sikap dengan pola pembelian akan semakin rendah setelah dikontrol oleh variabel-variabel ketiga yaitu gaya hidup atau situasi. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada kaitan langsung antara gaya hidup dan situasi terhadap variabel pola pembelian. Gaya hidup dan situasi ini secara langsung berkaitan erat dengan pembentukkan sikap individu, kemudian sikap terhadap potongan harga inilah yang menentukan terbentuknya pola pembelian tertentu. Dengan demikian kedudukan variabel ketiga ini yaitu berada sebelum variabel sikap (secara langsung mempengaruhi sikap). Dengan demikian keseluruhan basil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa potongan harga yang dinyatakan dalam sikap terhadap nomat ini sangat mempengaruhi terbentuknya pola perilaku pembelian konsumen terhadap produk layanan bioskop. Adapun pembentukkan sikap ini pun dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal individu yaitu gaya hidup dan pengaruh situasi.

 File Digital: 1

Shelf
 S4208-Katya Retno Hapsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S4208
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 154 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S4208 14-24-82027699 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284552
Cover