Skripsi ini membahas tentang pemetaan atribut kualitas produk berdasarkan persepsi pelanggan menggunakan metode yang lebih tepat dan akurat, yaitu KD-IPA. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan dari metode IPA tradisional, yaitu tidak mempertimbangkan adanya sisi nonlinearitas dan kausalitas sehingga dapat mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan. Metode ini metode Kano dan DEMATEL lalu diintegrasikan kedalam model IPA menjadi model terintegrasi KD-IPA. Penggunaan metode ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru tentang pemetaan atribut kualitas produk yang mempertimbangkan sisi nonlinearitas dan kausalitas dari atribut-atribut kualitas produk.
The focus of this study is how to map product quality attributes which are based on customer perception using more accurately method, KD-IPA. This method aims to overcome inadequacies of traditional IPA method, which are not considering nonlinearity and causality. Without considering the inadequacies, company might run wrong decisions about the product. This method consists of Kano method and DEMATEL method, henceforth are integrated in IPA method and becoming Integrated KD-IPA method. This study is expected to provide new understanding of quality attributes mapping by considering nonlinearity and causality.