PT. TGI merupakan perusahaan pembuatan pompa jenis industri dengan sistem produksi job order. Diperkirakan dimasa yang akan datang permintaan akan pompa akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan pompa tersebut, maka kebutuhan material ataupun komponen-kornponen pompa akan meningkat sehingga diperlukan penanganan material yang baik.
Sistem informasi penanganan material yang dilaksanakan Departemen Logistik/Gudang PT. TGI masih secara manual sehinga untuk menghubungkan dan mengetahui status material didalam departemen terkait dirasakan kurang efektif. Hal ini dikarenakan banyaknya material yang ditangani pada waktu yang bervariasi.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menganalisa proses penanganan material di departemen Iogistik/gudang PT. TGI berdasarkan data yang ada pada perusahaan maupun wawancara langsung. Dari hasil analisa proses tersebut kemudian dirancang sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik. PT. TGI yang berbasiskan komputer.
Dengan demikian penanganan material di departemen logistik PT. TGI dapat lebih cepat, akurat dan dapat diandakan. Sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik PT. TGI yang terkomputerisasi ini juga dapat menolong para pengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang ada pada proses penanganan material.