UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengujian Efek Musiman Imbalan Saham di Pasar Modal Indonesia

Ary Krisnanto; Eka Pria, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Efek musiman (seasonality) dalam imbalan saham adalah salah satu topik penelitian yang penting selama kurang lebih dua dasawarsa terakhir. Penelitian mengenai efek musiman tampak belum pernah dilakukan terhadap pasar modal di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki keberadaan efek musiman ini di pasar modal Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian kesamaan rata-rata imbalan saham dengan menggunakan uji t dan uji F serta uji Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis. Pengujian dilakukan untuk menyelidiki keberadaan enam macam efek musiman yaitu: Day-of-the-Week Effect, January Effect, Holiday Effect, Monthly Effect, Turn-ofthe- Month Effect dan Turn-of-the- Year Effect. Hasil pengujian terhadap Day-of-the-Week Effect, Holiday Effect dan Turn-of-the- Year Effect menunjukkan keberadaan efek-efek musiman ini di pasar modal Indonesia untuk periode setelah tahun 1990. Day-of-the-Week Effect yang ditemukan adalah imbalan yang signifikan negatif dan lebih kecil di hari Senin dan Selasa, serta signifikan lebih besar di hari Jumat. Holiday Effect yang ditemukan adalah imbalan yang signifikan lebih besar pada hari-hari sebelum hari libur. Turn-of-the-Year Effect yang ditemukan adalah imbalan hari-hari di sekitar pergantian tahun yang signifikan lebih besar dibanding hari-hari lain. Tidak ditemukan January Effect dan Monthly Effect di pasar modal Indonesia. Pengujian terhadap Turn-of-the-Month Effect tidak memberikan hasil yang konsisten. Kesimpulan dan penelitian ini adalah bahwa Day-of-the-Week Effect, Holiday Effect dan Turn-of-the-Year Effect juga terjadi di pasar modal Indonesia dengan pola yang konsisten dengan yang ditemukan di banyak negara. January Effect tidak ditemukan di pasar modal Indonesia. Monthly Effect tampak tidak terjadi di pasar modal Indonesia. Tidak diperoleh kesimpulan tentang keberadaan Turn-of-the-Month Effect di pasar modal Indonesia. Ditemukannya efek-efek musiman di pasar modal Indonesia pada periode setelah tahun 1990 mengindikasikan bahwa efek musiman ini berhubungan dengan masuknya investor asing dan aktifnya perdagangan pada periode tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 S19079-Ary Krisnanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S19079
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 141 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S19079 14-19-519735768 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20184762
Cover