ABSTRAKTesis ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap nasabah selaku konsumen
sehubungan dengan pelaksanaan Good Corporate Governance Pada Bank Di Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normative. Hasil penelitian menyarankan bahwa Bank
selaku pelaku usaha harus secara konsisten menerapakan prinsip-prinsip yang terkandung di
dalam Good Corporate Governance yaitu keterbukaan (transparency), akuntabilitas
( accountanbility), tanggung jawab ( responsibility ) , Independent ( independency ), kewajaran
( fairness), dalam kegiatan operasionalnya dan mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada, baik itu
ketentuan dalam bidang perbankan maupun ketentuan-ketentuan lainnya, khususnya dalam hal
ini ketentuan yang mengatur mengenai perlindungan terhadap konsumen sehingga diharapkan
apabila suatu Bank dapat dikelola dengan tata kelola perusahaan yang baik, maka Bank tersebuut
dapat menghasilkan produk dan jasa yang baik dimana nantinya hal tersebut akan semakin
meningkatkan kepercayaan konsumen kepada Bank.
ABSTRACTThis thesis discusses the legal protection of clients as consumers in connection with the
implementation o f Good Corporate Governance on Bank in Indonesia. This research is
normative legal research. The results suggest that the Bank's business as consistently
make the implementation of the principles contained in the Good Corporate Governance
such as transparency, accountanbility, responsibility, independcncy, fairness, in
operational activities and comply with the provisions of the existing, either in banking
regulations or other provisions, particularly in this case the provisions regulating the
protection of the consumer so that expected if a bank can be managed by good corporate
governance, then the Bank can produce good and services which it will eventually
increase Customer trust to the Bank.