Alat berat memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktifitas di industri pertambangan. Alat berat akan beroperasi dengan baik jika memperoleh pemeliharaan yang baik. Pemeliharaan yang baik erat kaitannya dengan pemilihan strategi pemeliharaan yang tepat. Maintenance Quality Function Deployment (MQFD) merupakan sebuah model yang dikembangkan oleh Pramod et. al. untuk meningkatkan kualitas pemeliharaan melalui strategi pemeliharaan yang dihasilkan. Keputusan strategis tersebut didasarkan atas suara pelanggan, delapan pilar Total Productive Maintenance (TPM) serta parameter pemeliharaan yang terdapat dalam TPM. Suara pelanggan diperoleh dari kuesioner untuk menentukan prioritas aspek kualitas pemeliharaan. Suara pelanggan yang telah diprioritaskan tersebut, selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa teknis yang akan diterapkan oleh workshop untuk memperbaiki kualitas pemeliharaan yang ada berdasarkan atas delapan pilar TPM. Penentuan prioritas aspek kualitas pemeliharaan dan bahasa teknis yang akan diterapkan dilakukan dengan pembuatan House of Quality (HOQ) yang terdapat dalam Quality Function Deployment (QFD). Parameter pemeliharaan TPM dijadikan indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan penerapan strategi yang telah dijalankan. Adanya indikator ini dimungkinkan untuk melakukan perbaikan kualitas pemeliharaan secara berkesinambungan.
The heavy equipment has an important role to support the mining industry activity. The heavy equipment will operating well if maintained properly. Good maintenance relate with the election of the maintenance strategy. Maintenance Quality Function Deployment (MQFD) is a model that introduced by Pramod et. al. to improve maintenance quality through the strategic decision development. The strategic decision developed based on the voice of customer, eight pillars of Total Productive Maintenance (TPM) and the maintenance parameters on TPM. The voice of customer is gathered by spreading the survey and used to determine the priority of the maintenance quality aspect. The prioritized voice of customer then tran slated into technical language which will be implemented by the workshop to improve the maintenance quality based on eight pillars of TPM. Both of maintenance quality aspect and technical language are generated by the development of House of Quality (HOQ) that usually used in Quality Function Deployment (QFD) method. The TPM?s maintenance parameters used as an indicator to measure the performance of the strategy implementation. The indicator make the MQFD model has the ability to develop the maintenance quality continuous improvement.