Skripsi ini membahas keselamatan bersepeda kampus di Universitas Indonesia yang dilihat dari struktur organisasi pengelola, jalur sepeda, bengkel sepeda, sepeda kampus, tanda lalu lintas sepeda, instalasi penerangan, peraturan bersepeda, pedoman bersepeda, serta anggaran pengadaan dan pemeliharaan material. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif melalui metode SWOT, yang menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi lapangan, dan penelusuran dokumen.
Hasil penelitian menyarankan bahwa pihak pengelola fasilitas sepeda kampus perlu memaksimalkan kinerja bengkel sepeda dan jalur sepeda yang telah dirancang dengan baik, menambah rambu-rambu peringatan kepada pengendara bermotor akan kemungkinan melintasnya sepeda, menambah instalasi penerangan di tempat bernuansa gelap, membuat peraturan bersepeda, membuat pedoman bersepeda, serta bekerjasama dengan K3L UI dalam pelaksanaan SMK3 yang terintegrasi termasuk dalam ruang lingkup transportasi.